Langkah-langkah:
11. Mengalami
Pada fase ini melibatkan
peserta pelatihan secara aktif dalam kegiatan sebagai upaya untuk memotivasi
peserta agar mereka terlibat secara aktif selama proses pelatihan berlangsung.
Yang dapat dilakukan untuk
melibatkan peserta secara aktif:
·
Brainstorming
·
Membangun apersepsi dengan melakukan tanya jawab,
misalnya apa yang mereka harapkan dalam pelatihan ini.
·
Mengenalkan
hal-hal yang benar-benar dirasakan baru yang sebelumnya tidak atau belum
dikenal oleh peserta pelatihan. Pengkondisian ini diharapakan dapat menumbuhkan
“rasa butuh” kepada peserta pelatihan tentang materi pelatihan.
22.Mengungkapkan
Di fase ini pelatih
memberikan kesempatan kepada peserta pelatihan untuk berkehendak atau mengemukakan
pikiran dan perasaannya.
Kegiatan yang dapat
dilakukan pelatih agar peserta pelatihan memiliki banyak ruang untuk
menyampaikan pikiran, ide, dan perasaannya antara lain:
·
Melakukan
diskusi-informasi dalam kelompok-kelompok, diusahakan bahan yang akan
didiskusikan merupakan bahan yang benar-benar dibutuhkan oleh peserta pelatihan
untuk meningkatkan kompetensinya, menambah wawasan kependidikannya, dan
lain-lainnya.
·
Curah gagasan, curah
pendapat, diusahakan agar peserta pelatihan lebih banyak diberi kesempatan
untuk menyapaikan gagasan dan ide-idenya dan pelatih lebih banyak memfasilitasi
serta memberi penguatan.
·
Mempresentasikan
hasil pemikiran dan ide-idenya dalam berbagai tampilan (grafik, tabel, peta
pikiran, diagram, tulisan, dan sebagainya).
3 3.Menganalisis
Dalam fase ini, pelatih
harus lebih cermat dan jeli untuk selalu mengamati peserta pelatihan ketika
mereka sedang berdiskusi atau melakukan pekerjaan lainnya, mengamati tingkat
respon peserta pelatihan ketika pelatih memberikan permasalahan untuk
diselesaikan, mencermati bagaimana strategi pemecahan masalah yang diusulkan
(kreatif, logis, dapat memecahkan masalah), mengamati perilakunya selama
pelatihan berlangsung (aktif, pendiam, ceria dan sebagainya).
Hasil pengamatan dijadikan
bahan evaluasi bagi pelatih sebagai untuk refleksi dan evaluasi diri pelatih
untuk perbaikan ke depan.
Untuk melakukan pengamatan
dan pemantauan terhadap kegiatan peserta dipat digunakan instrumen:
·
Lembar observasi
44. Menggeneralisir
Hasil-hasil kegiatan
kemudian disimpulkan bersama-sama, antara peserta pelatihan dipimpin oleh
pelatih. Kemudian pelatih mengkaitkan hasil-hasil kegiatan dengan yang dalam
kehidupan sehari-hari sehingga kegiatan pelatihan lebih bermakna pada diri
setiap peserta pelatihan karena relevan dengan kebutuhan.
55.Menerapkan
Dalam fase ini diharapkan
hasil-hasil pelatihan dapat diterapkan dalam situasi baru oleh peserta
pelatihan. Untuk membantu agar peserta pelatihan dapat menerapkannya, yang
dapat dilakukan oleh pelatih yaitu:
·
Menumbuhkan
rasa butuh kepada peserta pelatihan
·
Menumbuhkan rasa
tanggungjawab
Tidak ada komentar:
Posting Komentar