LAPORAN
EVALUASI
DIRI SEKOLAH
SMPN1 CURUP
TIMUR
TAHUN 2011
OLEH
TIM
PENGEMBANG SEKOLAH
KETUA : R
HADI RAMELAN,A.Md
ANGGOTA :
1.
GITO,S.Pd
2.
SUKADI,S.Pd
3.
JIMMY ARDIANSYA,S.Pd
4.
ISNAWAN
5.
Elva Noviyanti, M.Pd
PEMERINTAH
KABUPATEN REJANG LEBONG
DINAS
PENDIDIKAN
SMP NEGERI
1 CURUP TIMUR
2011
KATA PENGANTAR
Tim Pengembang SMP Negeri 1 Curup Timur mengucapkan Alhamdulillah berkat rahmat Allah SWT. akhirya kami dapat menyelesaikan pengisian Evaluasi Diri
Sekolah ( EDS ) tepat pada waktunya yang
tujuannya dalam upaya mewujudkan daya saing, pencitraan publik, dan
akuntabilitas penyelenggaraan pendidikan. Tolak ukur efektivitas implementasi
kebijakan tersebut dilihat dari ketercapaian indikator-indikator mutu
penyelenggaraan pendidikan yang telah ditetapkan Badan Standar Nasional
Pendidikan (BSNP) dalam delapan (8) Standar Nasional Pendidikan (SNP).
Salah satu aspek dalam pengembangan sistem penjaminan dan
peningkatan mutu pendidikan adalah Evaluasi Diri Sekolah (EDS) sebagai cara
menumbuhkan budaya peningkatan mutu berkelanjutan di sekolah. EDS
dilaksanakan oleh setiap sekolah sebagai satu kebutuhan untuk meningkatkan
kinerja dan mutu sekolah secara berkelanjutan. EDS merupakan mekanisme evaluasi
internal yang dilakukan oleh kepala sekolah bersama guru, komite sekolah, orang tua, dengan bantuan pengawas. Hasil
evaluasi diri sekolah dimanfaatkan sebagai bahan untuk menyusun program
pengembangan sekolah dan laporan kepada dinas pendidikan
tentang pencapaian sekolah untuk pengembangan lebih lanjut. Adapun tujuan utama
EDS ini adalah : Sekolah mengevalusi mutu pendidikan yang
mereka berikan berdasarkan indikator kunci untuk dapat mengetahui kelebihan
mereka dan mengidentifikasi bidang yang membutuhkan perbaikan ,
Informasi tersebut kemudian dipergunakan untuk
perencanaan dan memprioritaskan bidang untuk perbaikan dan pengembangan sekolah,
Proses ini menyediakan informasi mengenai tingkatan
standar dan mutu di sekolah yang dapat diberikan melalui sistem data yang akan
mengarahkan data tersebut untuk perencanaan pada tingkat kabupaten, propinsi
dan nasional, Proses peningkatan mutu berkelanjutan sangat diperlukan bagi akreditasi
sekolah.
Sedangkan manfaat EDS bagi sekolah antara lain: Sekolah dapat mengidentifikasikan kelebihan serta
kekurangannya sendiri dan merencanakan pengembangan ke depan, Sekolah dapat
memiliki data dasar yang akurat sebagai dasar untuk pengembangan dan
peningkatan di masa mendatang, Sekolah dapat mengidentifikasikan peluang untuk
meningkatkan mutu pendidikan yang disediakan, mengkaji apakah inisiatif
peningkatan tersebut berjalan dengan baik dan menyesuaikan program sesuai
dengan hasilnya, Sekolah dapat memberikan laporan
formal kepada pemangku kepentingan demi
meningkatkan akuntabilitas sekolah
Terima kasih
pada semua pihak yang terlibat dalam pengisian instrument Evaluasi Diri Sekolah
ini. Harapan saya EDS ini bermanfaat bagi pengembangan dan peningkatan mutu
pendidikan di sekolah . Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa meridloi dan
memberikan kemudahan.
Curup Timur, Agustus 2011
Tim
Pengembang Sekolah,
R HADI RAMELAN,A.Md
NIP 19580325 198111 1 001
1.
Identitas
Sekolah
- Nama Sekolah : SMP Negeri 1 Curup Timur
- NPSN : 10700633
-
Nomor
Statistik Sekolah : 20 126 02 03 001
-
Alamat : Jln. A.Yani Kel. Talang Uu
Kecamatan Curup Timur Kabupaten Rejang Lebong
Telepon : 0732-21525
2.
Identitas
Kepala Sekolah
-
Nama : R HADI RAMELAM,A.Md
-
Tempat, Tgl. Lahir : Semarang,25 Maret 1958
-
Alamat : Jln. SD Inpres No. 81 RT. 5 RW. 1 Dwi Tunggal
-
Nomor Telepon / HP : 085268900658/085380113440
3.
Jumlah Guru : 47 Orang
4.
Jumlah murid
: 748 anak
VISI : UNGGUL DALAM MUTU, BERPIJAK
PADA IMAN DAN
TAQWA
MISI :
1.
Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif sehingga setiap
siswa berkembang secara optimal, sesuai
dengan potensi yang dimiliki.
2.
Menumbuhkan semangat keunggulan secara intensif kepada seluruh warga
sekolah.
3.
Mendorong dan membantu setiap siswa untuk mengenali potensi dirinya,
sehingga dapat berkembang secara optimal
4.
Menumbuhkan dan mendorong keunggulan dalam penerapan ilmu
pengetahuan, teknologi dan seni.
5.
Menumbuhkan penghayatan terhadap ajaran agama yang dianut dan
budaya bangsa sehingga terbangun siswa yang
kompeten dan berakhlak
mulia.
6.
Mendorong lulusan yang berkualitas, berprestasi, berakhlak tinggi, dan
bertaqwa pada Tuhan Yang Maha
PROGRAM
UNGGULAN :
- Peningkatan keimanan dan ketaqwaan bagi peserta didik.
- Peningkatan mutu pendidikan untuk mengantarkan peserta didik ke
jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
- Peningkatan pengetahuan dan ketrampilan melalui kegiatan ekstra kurikuler.
- Muatan Lokal Pertanian
5.
Unggul dalam lomba olah raga, kesenian,
PMR, PIK-R
6. Unggul dalam kebersihan dan penghijauan
sekolah.
...........................dst..............mau ?????
Tidak ada komentar:
Posting Komentar