Selasa, 28 Agustus 2012

Metode Pengembangan Diri dengan Bimbingan Konseling

Panduan Pengembangan dan Inovasi Layanan Ekstrakurikuler di Sekolah

Untuk Penjelasan dan Keterangan lebih lanjut tentang Bimbingan Konseling dan Ekstrakurikuler, silakan DOWNLOAD DI SINI.
Tiga komponen yang dinyatakan dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (PerMenDikNas) Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah adalah mata pelajaran, muatan lokal, dan pengembangan diri.
Struktur dari komponen pengembangan diri itu sendiri terdiri atas kegiatan pelaksanaan konseling dan kegiatan ekstrakurikuler.
Aturan, rambu-rambu, model, bentuk, dan contoh dalam panduan presentasi (silakan download pada link paragraf pertama di atas) ini dapat digunakan untuk pengembangan kegiatan pelaksanaan “service” bimbingan konseling (dulu disebut sebagai bimbingan karier) dan kegiatan ekstrakurikuler di sekolah (SD, SMP, SMA, SMK) maupun di level madrasah (MI, MTs, MA, MAN, MAK) untuk penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).
Buku panduan ini (silakan ikuti tautan download di atas), menerangkan tentang struktur pelayanan konseling yang terdiri dari:
  • definisi dan pengertian konseling
  • paradigma, visi, dan misi bimbingan konseling
  • bidang-bidang pelayanan konseling
  • fungsi, prinsip, dan asas konseling
  • jenis layanan konseling
  • kegiatan pendukung yang mendukung konseling
  • format, draft, contoh kegiatan konseling
  • program pelayanan BK
Sementara itu, hal-hal lain yang berhubungan dengan BK (Bimbingan Konseling) juga dibahas dalam buku panduan, di antaranya:
  • Perancangan dan Pelaksanaan Kegiatan
  • Penilaian Kegiatan
  • Unsur Pelaksanan Kegiatan
  • Serta kegiatan pengawasan konseling
Beberapa lampiran yang diikutsertakan dalam buku panduan antara lain:
  • Lembar penugasan pengasuhan peserta didik kepada konselor.
  • Rencana program tahunan pelayanan pelaksanaan konseling.
  • Contoh materi pengembangan yang meliputi: layanan orientasi, layanan informasi, layanan penempatan atau penyaluran siswa, layanan penguasaan konten, layanan konseling perorangan, layanan bimbingan kelompok, konsultasi, mediasi, aplikasi instrumentasi, himpunan data, konferensi kasus, kunjungan rumah, tampilan kepustakaan, dan alih tangan kasus.
  • Perencanaan program semester bimbingan konseling.
  • Program bulanan, mingguan, dan harian BK.
  • Contoh laporan pelaksanaan program pelayanan konseling.
  • penilaian umum.
  • Rincian tugas, kewajiban, tanggun-jawab seorang konselor yang meliputi: penguasaan spektrum pelayanan profesional konseling (pelayanan dasar, pengembangan, dan teraputik), merumuskan dan menjelaskan peran profesional konselor kepada pihak terkait seperti, peserta didik, pimpinan sekolah/ madrasah, rekan pendidik, dan orang tua atau wali murid, waspada terhadap hal-hal negatif.
  • Contoh perhitungan jam kegiatan pelaksanaan konseling di sekolah dan madrasah (menyesuaikan dengan kebijakan kurikulum).
  • Contoh isian format penghitungan jam mengajar atau kegiatan pelayanan konseling di sekolah/ madrasah.
Untuk bagian pengembangan ekstra kurikuler,
  • Struktur kegiatan
  • Pengertian ekstrakurikuler
  • Fungsi dan prinsip
  • Jenis dan format kegiatan ekstrakurikuler
Lampiran-lampirannya meliputi:
  • Rambu-rambu rencana kegiatan ekstra-kurikuler.
  • Laporan keikutsertaan peserta didik (siswa) dalam kegiatan ekstra kurikuler.
  • Penilaian peserta didik dalam kegiatan ekstrakurikuler.
Untuk mengetahui dan memahami Pengembangan Diri Melalui Pelayanan Konseling dan Kegiatan Ekstrakurikuler, ikuti panduannya dengan mendownload buku panduan resmi DI SINI.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar